Jumat, 10 Juli 2015

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


1. Pendahuluan
RPP merupakan penjabaran silabus sebagai pengembangan perencanaan pembelajaran.
Sekedar mengingat,  silabus   merupakan rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok
mata pelajaran/tema  tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi
pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian,
penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar. Sementara RPP merupakan menjabaran dari silabus
mata pelajaran  tertentu secara konkrit sebagai skenarion pembelajaran dan disusun untuk  satu
Kompetensi Dasar (KD). RPP ini menjadi  salah satu komponen yang harus dipersiapan oleh
guru sebelum mengajar. RPP  mulai diperkenalkan kepada calon guru, ketika mereka
melaksanakan Pengajaran Mikro atau Peer Teaching.

2. Pengertian RPP
RPP adalah rencana kegiatan guru yang berisi scenario pembelajaran tahap demi tahap
mengenai aktivitas yang akan dilakukan siswa bersama guru terkait materi yang akan dipelajari
siswa untuk mencapai kompetensi dasar yang telah ditentukan. RPP ini dipersiapkan oleh guru
sebelum melaksanakan pembelajaran.
Bentuk dan komponen RPP dapat bervarasi sesuai dengan karakter bidang studi. Contoh-
contoh RPP terdapat dalam lampiran diktat ini.

3. Tujuan RPP
Penyusunan RPP ini bertujuan untuk mempermudah guru dalam melaksanakan kegiatan
pembelajaran. RPP ini berfungsi sebagai alat pengendali dan pengingat guru mengenari hal-hal
yang harus dipersiapkan, media yang akan digunakan, strategi pembelajaran yang dipilih, system
penilaian yang digunakan, dan hal-hal terknis lainnya.

4. Komponen RPP
Komponen RPP adalah sebagai berikut.
4.1. Identitas
Identitas memuat nama mata pelajaran, sekolah, kelas/ semester, dan standar
kompetensi. Standar Kompetensi (SK) adalah kebulatan pengetahuan, keterampilan, dan
sikap yang dapat diukur, yang harus ditempuh siswa untuk menguasai materi
pembelajaran mata pelajaran tertentu.  SK ini dikutip dari silabus yang telah ditetapkan/
disusun oleh satuan pendidikan

4.2. Kompetensi Dasar
KD  adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap  minimal  yang harus dikuasai
siswa. Bagian ini memuat KD yang harus dicapai siswa melalui kegiatan pembelajaran
yang dilaksanakan. KD ini juga dikutip dari silabus yang telah ditetapkan/  disusun oleh
satuan pendidikan

4.3. Materi Pokok beserta Uraiannya
Materi Pokok adalah sekumpulan bahan ajar yang harus dikuasai oleh siswa untuk
mencapai KD dan KS yang telah ditetapkan. Pada materi pokok ini diuraikan secara
singkat materi, bagan/ pola/ skema yang akan diberikan.

4.4. Indikator
Indikator merupakan penjabaran D yang dapat dijadikan acuan dalam membuat alat
evaluasi untuk mengetahui tingkat ketercapaian hasil pembelajaran. Indikator ini pun
dikutip dari silabus yang telah ditetapkan/  disusun oleh satuan pendidikan. Bagian ini
memuat indikator-indikator ketercapaian, yaitu karakteristik, ciri-ciri, perbuatan, atau
respon siswa berkaitan dengan KD.

4.5. Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran mencakup tatap muka dan pengalaman belajar. Strategi
pembelajaran yang berupa tatap muka terkait dengan pemilihan pendekatan, metode,
teknik, dan media pembelajaran yang digunakan. Pengalaman belajar merupakan aktivitas
belajar yang dilakukan siswa untuk menguasai materi pembelajaran. Pada bagian ini pulan
terdapat penjelasan mengenai media dan alat yang  digunakan  dalam kegiatan
pembelajaran. Media dan alat ini dipakai untuk menunjang ketercapaian SK dan KD yang
telah ditentukan ( dikutip dari silabus) dan memuat jenis pendekatan pembelajaran  atau
metode belajar yang dipilih.

4.6. Skenario Pembelajaran
Bagian ini memuat uraian langkah-langkah kegiatan pembelajaran. Kegiatan
pembelajaran tersebut dapat diuraiakan lagi ke dalam kegiatan pendahuluan, kegiatan
poko, dan kegiatan penutup.

Kegiatan pendahuluan:
merupakan kegiatan yang dimaksudkan untuk mengakomodasi siswa agar siap secara
mental untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Yang termasuk dalam kegiatan
pendahuluan ini adalah memotivasi siswa untukmengikuti kegiatan pembelajaran,
misalnya dengan memberikan contok manfaat dari topic yang hendak dibahas, mengaitkan
materi pelajaran dengan dunia nyata siswa sehari-hari, menyampaikan SK dan KD yang
harus dicapai oleh siswa melalui kegiatan pembelajaran yang hendak dilaksanakan
tersebut, atau dengan menjelaskan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang akan
dilalui siswa. Pada tahap kegiatan pendahuluan ini dilakukan pula pembahasan tugas dan
apersepsi. Apersepsi adalah kegiatan mengaitkan materi pelajaran yang telah dipelajarai
siswa (materi sebelumnya) dengan materi yang hendak dipelajari.

Kegiatan pokok:
merupakan tahap yang berisi kegiatan-kegiatan atau langkah-langkah pembelajaran. Pada
tahap inilah siswa mempunyai kesempatan untuk mengkonstruksi konsep atau
pengetahuan yang dipelajarinya dengan cara mereka sendiri-sendiri.

Kegiatan penutup:
merupakan tahap ketika guru memberi kesempatan kepada siswa untuk merangkum materi
yang baru saja dipelajari, member tugas-tugas untuk melihat pencapaian siswa terhadap
materi yang baru saja dipelajari, atau pun juga dapat berisi uraian singkat tentang materi
lanjutan, yang akan dipelajarai dalam pertemuan selanjutnya.

4.7. Penilaian
Bagian penilaian memuat uraian tentang jenis-jenis tagihan, bentuk instrument,
contoh instrument yang dipakai untuk mengukur ketercapaian indikator yang telah
ditentukan pada bagian sebelumnya. Adapaun jenis tagihan dapat berupa kuis, tes lisan
(Question-Answer), ulangan harian, tes tertulis, atau tes perbuatan.

4.8. Alokasi Waktu
Maksud alokasi waktu di sini adalah perkiraan waktu yang dibutuhkan siswa
untuk mempelajari suatu materi pembelajaran. Dalam alokasi waktu ini perlu juga
mempertimbangkan tingkat kesulitan materi dan keluasan (banyaknya) materi
pembelajaran.

4.9. Sumber/ Alat/ Bahan
Sumber yang dimaksudkan di sini adalah sumber rujukan, referensi atau literature
asal dari materi yang disampaikan. Sumber ini juga dapat berupa nara sumber (orang).
Sementara bahan dan alat merupakan perangkat atau fasilitas penunjang yang diperlukan
dalam proses pembelajaran.

5.Tugas
Tugas individu: buatkan 2 RPP yang terdiri atas RPP Bahasa Prancis untuk kelas bahasa
dan RPP bahasa Prancis untuk program pilihan. Materi untuk RPP tersebut adalah  L’activité
dans la classe  dan  Ma Famille.

6. Referensi

_________,  Panduan  Pengajaran Mikro Universitas Negeri Yogyakarta.  Yogyakarta:
Universitas Negeri Yogyakarta, 2006

_________, Materi Penunjang Pembimbingan MikroTeaching. Yogyakarta: UPPL Universitas
Negeri Yogyakarta,  2006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar